Pengikut

Jumat, 07 Desember 2012

cara membuat empek-empek

 
EMPEK EMPEK PALEMBANG :
* I kg daging ikan gabus/tenggiri, dihaluskan
* 1/2 kg tepung sagu
* 300 ml air
* 1 sdt garam
KUAH EMPEK-EMPEK :
* 1 liter air
* 1 kg gula merah
* 150 gr bawang putih, dihaluskan
* 200 gr cabai rawit
* 2 sdm cuka/sesuai selera
* 1 sdt garam
CARA MEMBUAT EMPEK-EMPEK ( PALEMBANG ) :
1. Empek-empek : Campurkan air, garam, dan daging ikan yang sudah dilialuskan, aduk, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai cukup kerasnya dan dapat diuleni, sampai tidak melekat. Bentuk adonan sesuai selera, ada bentuk kelasan, lenjer, diisi telur, dan lain-lain.
Setelah empek-empek terbentuk, lalu direbus di dalam air hingga mengapung atau matang, angkat dan tiriskan. Empek-empek bisa dimakan basah atau digoreng dulu, sesuai selera.
2. Kuah Cuka : Didihkan air dan gula merah, masukkan bawang putih cabai rawit yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan cuka, masak hingga mendidih, lalu saring, sisihkan.
3. Hidangkan empek-empek dengan kuah cuka dan irisan timun sesuai selera.

Cara Membuat Pempek
Bahan dan resep membuat pempek :
1. Sagu atau Tapioka (250 gram)
2. Ikan giling atau fish paste ( 500 gram)
3. Garam secukupnya
4. Bumbu penyedap secukupnya
5. Air hangat
Bahan dan resep membuat kuah pempek :
1. Gula merah jawa secukupnya sampe warna air hitam
2. Cabe rawit secukupnya
3. Bawang Putih secukupnya
4. Merica seujung sendok teh
Cara Membuat kuah pempek :
  1. Rebus gula merah sampe airnya berwarna hitam dan jangan sampe kental
  2. Masukkan bawang putih dan merica serta cabe rawit yang telah ditumbuk halus
  3. Setelah kurang lebih 30 menit kemudian angkat
Cara Membuat Pempek :
  1. Aduk Sagu atau Tapioka dengan ikan giling dikasih garam sama bumbu penyedap sampe berbaur, Cara Membuat Pempek jangan sampai terlalu rata adukannya
  2. Tuangkan air hangat sampe adukan lunak, cara membuat pempek debgan menjadikan bentuk bulat atau lonjong kemudian direbus.
  3. Sehabis pempek mengapung direbus, angkat, tiris, lalu goreng
  4. Selesailah Cara Membuat Pempek, dan siap dihidangkan bersama kuah pempek


RESEP MASAKAN PEMPEK KULIT
 Bahan:
  1. 1 kg  daging ikan tengiri (sudah bersih dari kulit dan durinya)
  2. 250 gram kulit ikan, cincang halus
  3. ½ sendok teh soda kue
  4. 25 ml air es
  5. 500 gram tepung kanji
  6. 100 gram tepung terigu
  7. 2 sendok teh garam
  8. 1 sendok teh penyedap rasa
  9. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Resep Masakan Pempek Kulit:
  1. Bersihkan kulit ikan. Cuci bersih dan masukkan ke food processor atau blender hingga benar-benar halus. Jika di cincang biasanya kulit akan terasa kurang enak saat dimakan.
  2. Daging ikan di blender atau di hancurkan dengan food processor. Campur dengan kulit ikan, tepung kanji, tepung terigu dan air es. Aduk sambil diuleni hingga benar-benar tercampur rata. Tambahkan soda kue. Terus aduk hingga kalis.
  3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan. Bentuk dengan tangan menjadi bulatan-bulatan pipih atau bentuk segitiga. Terus pipihkan hingga adonan habis.
  4. Kukus adonan hingga matang (biasanya sekitar 25 menit). Angkat dan tiriskan.
  5. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. Hidangkan hangat dengan cuka. Jika sudah dingin pempek kulit akan terasa kurang nikmat.
 Catatan: Ada juga yang mencampurkan tulang ikan untuk pempek kulit. Tapi hati-hatiDan gunakan blender atau food processor agar tulang ikan bisa benar-benar halus saat dicampur ke adonan.

RESEP MASAKAN EMPEK-EMPEK LENGGANG (RESEP DASAR)  BAHAN:1 mangkok ikan yang telah di lumatkan1 mangkok tepung kanjiAir garam secukupnya  Untuk kuahnya:5 cabai merah10 cabai rawit3-5 siung bawang putihGaramCuka Gula arenAir matang secukupnya
Cara membuat empek-empek:
 1.    Ikan setelah dicuci bersih, belah lalu ambil dagingnyadengan cara dikerok dengan sendok.2.    Campurkan ke tepung kanji, aduk-aduk lalu tuangi air garam sambil di aduk-aduk sampai rata dan merupakan adonan yang dapat di pulung. Coba sediki, rasa asin harus terasa jika kurang tambahkan garam secukupnya .
3.    Gulung dengan daun pisang lalu kukus sampai matang. Buka daunnya lalu dinginkan.
Cara membuat kuah:
1.    Semua bahan di satukan lalu gerus sampai halus, tuangi 1 mangkok air matang atau lebih. Bubuhi cuka secukupnya. Rasa harus asin, asam, manis dan pedas. Boleh ditambahkan tongcay diiris tipis. Bila ngin kuahnya berwarna kecoklatan, bubuhi 1-2 sendok kecap,ratakan.2.    Menyajikan empek-empek. Semua macam empek-empek jika hendak disajikan di goring terlebih dahulu dengan mminyak panas, supaya lebih gurih dan empu. Panas-panas dipotong-potong, Taruh dipiring. Lalu disiram3.    Supaya lebih menarik ditambah dengan mi rebus, ketimun yang telah di iris tipis atau kol segar yang diiris halus. Bahan tersebut ditaruh di atas empek-empek yang telah dipotong-potong. Siram kuahnya agak banyak, lalu taburkan sedikit bawang goring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar